Tips Terbaik Memilih Jasa SEO untuk Website Bisnis Anda

Kemungkinan besar Anda akan mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan agen SEO untuk mendukung sasaran penelusuran organik dan visibilitas online situs web Anda, kecuali bisnis Anda cukup beruntung memiliki tim SEO internal. Namun, sebelum membuat kontrak dengan Jasa SEO Bali atau pemasaran digital mana pun, pastikan untuk melakukan riset.

Untuk membantu Anda memilih perusahaan SEO terbaik, ikuti saran berikut.

Metode untuk Memilih Jasa SEO Terbaik

1. Hindari Jaminan

Pertama dan terpenting, hindari bekerja dengan vendor SEO yang mengklaim peringkat halaman pertama, terutama dalam waktu singkat. Seringkali, ini adalah strategi penjualan yang tidak menentukan istilah mana yang akan diberi peringkat, dan jaminan ini seringkali hanya dapat dicapai dengan memberikan peringkat pada situs web untuk istilah yang memiliki relevansi rendah, volume pencarian yang rendah, atau bahkan tidak ada sama sekali. Jika kata kunci benar-benar berharga bagi bisnis, yaitu istilah yang sering dicari dan relevan, mengubah posisinya seringkali sulit dan memakan waktu, terutama jika istilah tersebut sangat kompetitif dan situs web belum memberikan peringkat untuknya. Pastikan untuk mengklarifikasi detailnya dengan agensi mana pun yang menawarkan posisi peringkat yang luas.

2. Memahami Rencana SEO dan Tujuan

Dalam hal strategi SEO, tidak ada solusi “satu ukuran untuk semua”. Vendor SEO yang berkualitas akan memeriksa kondisi kinerja SEO Anda saat ini dan mempelajari tujuan, anggaran, dan sumber daya situs web Anda untuk membuat rencana SEO yang unik dan realistis untuk bisnis. Sangat penting untuk memahami apa yang termasuk dalam kontrak manajemen SEO dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan inisiatif tersebut, karena banyak elemen yang terlibat dalam strategi SEO dan beberapa di antaranya dapat memakan waktu yang sangat lama. Misalnya, ketahui apakah paket SEO termasuk penulisan konten, pembuatan tautan, dan manajemen daftar bisnis online.

3. Memahami Sistem Manajemen Pekerjaan SEO Teknis

Seringkali, manajemen SEO yang baik membutuhkan komponen teknis seperti pemrograman, pengembangan front-end, dan dukungan server. Saat memilih Jasa SEO Jakarta pertimbangkan bagaimana rekomendasi SEO akan diterapkan. Dengan kata lain, apakah perusahaan SEO dapat mengubah pemrograman mereka sendiri atau harus bergantung pada sumber daya pengembangan Anda? Banyak kali, perusahaan pemasaran digital hanya dapat menyediakan komponen strategis dan tidak mencakup implementasi, yang dapat menghasilkan peningkatan atau biaya tersembunyi. Ingatlah bahwa pengoptimalan mesin telusur yang baik sering melibatkan elemen yang tidak dapat ditangani hanya melalui CMS.

4. Tanyakan tentang contoh laporan dan pengukuran kinerja

Ketika datang ke kinerja kampanye, perusahaan SEO yang berkualitas tinggi akan memberikan laporan rinci secara berkala, biasanya setiap bulan, yang mencakup informasi seperti rasio konversi, pencapaian sasaran, peringkat kata kunci, item selesai, item yang direncanakan, dan banyak lagi. Di awal kampanye, vendor SEO mana pun harus menetapkan sasaran yang dapat diukur, seperti mengisi formulir, menghubungi orang, atau membeli sesuatu. Untuk memastikan hasil yang dapat diukur, sebelum memilih vendor, pastikan untuk menanyakan jenis dan frekuensi pelaporan yang akan dilakukan.

5. Meminta Studi Kasus 

Lihat hasilnya! Contoh kampanye atau studi kasus yang berhasil yang relevan dengan tujuan atau industri Anda dapat diberikan oleh vendor SEO atau pemasaran digital yang kuat. Pada akhirnya, percayalah pada penilaian Anda dan pilih vendor yang Anda rasa percaya diri untuk bekerja sama dengannya. Namun, jangan malu untuk menanyakan informasi tentang klien sebelumnya atau testimoni mereka. Komunikasi akan sangat penting!